Struktur Organisasi

 

 

Deskripsi Tugas Pokok Umum Seluruh Pimpinan, Pengelola, Dan Staf:

  1. Memastikan terselenggaranya visi, misi dan tujuan program.
  2. Mengambil kebijakan strategis yang diperlukan untuk mencapai visi, misi dan tujuan program.
  3. Menyusun perencanaan tahunan yang mencakup pengembangan program dan penganggaran.
  4. Mengesahkan perencanaan tahunan.
  5. Memfasilitasi terciptanya situasi program studi yang sehat, harmonis dan dinamis.
  6. Mengembangkan nilai-nilai yang mendukung penyelenggaraan program.
  7. Menjaga komunikasi intensif di atas kerangka kolegial antara pimpinan, pengelola dan staf program pada setiap pengambilan keputusan dalam rangka penyelenggaraan program dalam seluruh aspek.
  8. Merintis, mengembangkan, dan memperluas jaringan kerjasama program dengan pihak/lembaga lain demi kepentingan pengembangan program.
  9. Melaksanakan fungsi kehumasan dalam rangka menyebarluaskan informasi tentang program, khususnya dalam lingkup potential market.
  10. Melakukan koordinasi secara intensif untuk terselenggaranya aktivitas rutin.
  11. Melaksanakan tugas tugas lain dari program yang dirumuskan dan dikelola secara ad hoc.

Deskripsi Tugas Pokok Ketua Program Studi:

  1. Bertanggung jawab atas terselenggaranya visi dan misi program.
  2. Bertanggungjawab atas tercapainya tujuan program.
  3. Melakukan sosialisasi atas visi, misi dan tujuan program kepada staf.
  4. Merumuskan garis-garis umum perencanaan program dalam rangka pencapaian visi, misi dan tujuan.
  5. Memimpin, mengkoordinir dan mengontrol kinerja seluruh jajaran pengelola serta staf program secara periodik dalam seluruh aspek pendidikan, pengajaran, penelitian, dan administrasi.
  6. Bertindak atas nama program dalam aspek hubungan keluar serta kerjasama kelembagaan dengan pihak/lembaga lain, baik intra maupun ekstra universitas.
  7. Menandatangani surat-surat program, baik keluar maupun ke dalam dalam lingkup wewenang yang bersangkutan.
  8. Memimpin rapat-rapat program baik yang bersifat rutin maupun periodik yang bersifat umum maupun khusus; atau mendelegasikan kepada sekretaris program untuk memimpin rapat program yang berkaitan dengan lingkup wewenang yang bersangkutan.
  9. Memberikan atau tidak memberikan persetujuan atas rencana kerja di tiap-tiap bidang di jajaran staf program, atas pertimbangan kemashalatan program, dan dengan memperhatikan saran dari rapat bersama jajaran pengelola program.
  10. Menetapkan, memperpanjang, atau tidak memperpanjang kontrak kerja staf Program berdasarkan aturan-aturan yang terdapat dalam naskah kontrak, dan dengan memperhatikan saran dari rapat bersama pengelola program.
  11. Melakukan monitoring dan evaluasi atas penyelenggaraan kegiatan akademik, kemahasiswaan, pelayanan rutin maupun penelitian.
  12. Meminta laporan secara lisan maupun tertulis kepada tiap-tiap bidang serta staf program atas penyelenggaraan tugas rutin maupun tugas tambahan.
  13. Melakukan evaluasi atas laporan yang diberikan oleh jajaran mengelola dan staf program.
  14. Memberikan pengarahan, konsultasi dan pembinaan apabila jajaran pengelola dan staf Program mengahadapi kesulitan di dalam menyelesaikan pekerjaan.
  15. Memberikan saran perbaikan atas penyelenggaraan tugas-tugas rutin kepada jajaran pengelola dan staf program.
  16. Memberikan teguran baik lisan maupun tertulis kepada jajaran pengelola dan staf program apabila yang bersangkutan di nilai tidak melaksanakan dengan sebaik-baiknya tugas sebagaimana dideskripsikan.
  17. Melaporkan kinerja program studi kepada pimpinan fakultas.
  18. Meminta saran, arahan, masukan dari pimpinan fakultas berkaitan dengan penyelenggaraan program studi.
  19. Memberikan bimbingan pengarahan dan konsultasi akademik dan non akademik kepada mahasiswa.
  20. Memberikan disposisi, rekomendasi, dan dispensasi berkaitan dengan hal-hal khusus yang dihadapi oleh mahasiswa.

Deskripsi Tugas Khusus /Teknis Staf Program StudiĀ  :

  1. Bidang Administrasi Akademik:
  • Membantu ketua program dalam menyusun draf kurikulum yang memuat rencana pemrograman mata kuliah yang ditawarkan dalam tiap semester.
  • Membantu ketua program dalam menyusun rencana usulan dosen pengampu dalam setiap semester.
  • Menyampaikan SAP/RPKS tiap-tiap mata kuliah kepada masing-masing dosen pengampu mata kuliah.
  • Melakukan koordinasi dengan bagian tata usaha fakultas berkaitan dengan penetapan jadwal perkuliahan.
  • Menyusun rancangan alokasi dosen pembimbing skripsi mahasiswa untuk dimintakan persetujuan kepada ketua program.
  • Menyusun rancangan kegiatan kuliah tamu, seminar, dan lokakarya, yang akan diselenggarakan oleh program studi, untuk dikonsultasikan dengan ketua program.
  • Melakukan evaluasi kinerja staf dan dosen dalam proses belajar mengajar.
  • Membuat draf laporan bulanan kepada pimpinan fakultas berkaitan dengan kegiatan proses belajar mengajar tiap dosen dalam lingkup program studi.
  • Menyelenggarakan ketatausahaan untuk keperluan Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS).
  • Menyelenggarakan administrasi dan ketata usahaan untuk keperluan seminar proposal, dan ujian skripsi.
  • Memuat draf yudisium kelulusan kepada ketua program studi.
  • Mengadministrasikan penyelenggaraan kuliah sela semester, yang meliputi penentuan mata kuliah yang ditawarkan, penjadwalan, alokasi dosen pengampu, penilaian, dan pelaporan penyelenggaraan kuliah.
  • Mengadministrasikan perubahan atau perbaikan nilai mata kuliah tertentu, dan melaporkannya kepada ketua program.
  • Membimbing, mengarahkan, dan memberikan saran kepada tenaga part-time jika mengalami kesulitan dalam pelayanan akademi.
  1. Bidang Administrasi Kemahasiswaan & Alumni
  • Menyelenggarakan administrasi dan pelayanan yang berkaitan dengan kemahasiswaan.
  • Bertindak atas nama ketua program studi, menanda tangani surat-surat kedalam dan keluar instansi berkaitan dengan kemahasiswaan.
  • Bertindak atas nama ketua program memberikan dispensasi keterlambatan her regristasi mahasiswa, legalisasi Kartu Rencana Studi (KRS), dan Kartu Hasil Studi Mahasiswa (KHS), transkrip akademik untuk kepentingan internal.
  • Menyiapkan format presentasi, leaflet, pamflet untuk pemasaran program.
  • Menetapkan tujuan pemasaran program dengan persetujuan jajaran deputi dan ketua pengelola.
  • Merancang sistem informasi manajemen dan database alumni
  • Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas-tugas oleh staf.
  • Memberikan pengarahan, konsultasi dan pembimbingan kepada staf yang mengalami kesulitan dalam pelaksanaan tugas.
  • Membimbing, mengarahkan, dan memberi saran kepada tenaga part-time jika mengalami kesulitan dalam pelayanan kemahasiswaan.
  1. Bidang Administrasi Keuangan
  • Membuat usulan perencanaan belanja program dalam satu tahun anggaran.
  • Bertanggung jawab dalam pengelolaan belanja rutin program, termasuk pembiayaan administrasi perkantoran, pembayaran honorarium lembur dan kegiatan khusus seluruh pengelola program.
  • Menyiapkan format pembukuan dan sistem pelaporan keuangan program.
  • Mengelola keuangan dan pembekalan yang dimiliki, termasuk ,manajemen keuangan program studi.
  • Menyusun kebijakan di bidang keuangan dan pembekalan.
  • Pembuatan laporan bulanan dan tahunan kepada ketua program studi.
  • Melakukan peninjauan secara berkala atau rutin terhadap sistem kompensasi yang dikembangkan.
  • Melakukan peninjauan secara berkala atau rutin terhadap sistem kompensasi yang dikembangkan.
  1. Bidang Kerjasama
  • Merencanakan, membangun, mengembangkan, dan memelihara jejaring (networking) program studi dengan institusi-intitusi lainnya baik yang berada di internal universitas maupun lembaga luar universitas
  • Menindaklanjuti program kerjasama yang telah terbangun, dengan berkoordinasi dengan bidang lain dalam penyelenggaraan dan pengelolaan kerjasama.
  • Memberikan saran, pertimbangan, kepada ketua program berkaitan dengan kebijakan program studi dalam pengembangan kerja sama,
  • Menyampaikan laporan secara lisan maupun tertulis kepada ketua program terkait dengan penyelenggaraan kerja sama.
  • Merancang kegiatan dalam rangka pengembanan kapasitas kelembagaan untuk meningkatkan jejaring institusinya