Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Unismuh Belajar Legislasi di DPR RI

MAKASSAR –-Rombongan mahasiswa dan dosen Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unismuh Makassar mengadakan praktikum lapang Mata Kuliah Studi Parlemen di Operation Room Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta.

Pertemuan yang belangsung hari ini, Selasa (18/7/2017) di kemas dalam kegiatan Diskusi Interaktif Tentang Supporting System Pada Fungsi Legislasi DPR RI, yang diikuti 60 puluh mahasiswa dan 7 dosen pendamping dari Jurusan Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar.

Kehadiran rombongan Program Studi Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar tersebut untuk mengadakan benchmarking Studi Parlemen dalam rangka berbagi informasi tentang progress kinerja DPR RI di bidang Legislasi.

Terutama rendahnya produktivitas produk Undang-Undang untuk capaian target Program Legislasi Nasional (Prolegnas), termasuk semakin memburuknya citra dan tingkat kepercayaan publik yang semakin rendah pada institusi DPR RI.

Dari diskusi berkembang pula kritik terhadap DPR RI, seperti performa legislasi yang buruk, fungsi pengawasan pada pemerintah yang tidak konsisten, fungsi penganggaran yang tidak efisien, maupun soal korupsi dan problem-problem hukum yang di hadapi oleh pimpinan dan anggota DPR RI.

Tim dari Jurusan Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar, di pimpin oleh Andi Luhur Prianto (Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan Fisil Unismuh), serta Muchlas M. Tahir (Sekretaris Jurusan Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh), Ahmad Harakan (Editor in Chief Jurnal Otoritas) serta beberapa dosen, staf akademik dan mahasiswa S1 reguler Ilmu Pemerintahan.

Sementara tim dari DPR RI yang hadir adalah Dr Indra Pahlevi (Kepala Pusat Penelitian di Badan Keahlian DPR RI) dan Erna Agustina (Kepala Sub Bagian Penerangan Bagian Humas DPR RI), dalam pemaparannya mereka menampilkan performa institusi DPR RI dari waktu ke waktu.

Termasuk upaya-upaya mendorong legislasi yang berkualitas dan membangun supporting system yang memadai untuk fungsi-fungsi DPR RI yang semakin berkualitas.

Menurut Andi Luhur Prianto tersebut dilakukan untuk lebih menemukenali performa legislasi DPR RI, supporting system kesekjenan dan masalah-masalah institusi tersebut dalam menjalankan fungsinya.

“Kami juga telah melakukan kegiatan DPRD Kabupaten/Kota dan DPRD Provinsi serta terlibat dalam jejaring NGO yang concern di bidang pengawasan legislatif,” ungkap Andi Luhur Prianto

 

Sumber : tibunnews.com

Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Unismuh Belajar Legislasi di DPR RI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *