Ilmu Pemerintahan Unismuh Praktik Lapang di KPK

JAKARTA – Rombongan Mahasiswa dan dosen Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unismuh Makassar mengadakan praktikum lapang Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi di Gedung KPK RI, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Pertemuan tersebut dikemas dalam kegiatan Diskusi Interaktif Tentang Peran KPK RI Dalam Pemberantasan Korupsi di Pemerintah Daerah, yang di kuti 60 mahasiswa dan 7 dosen pendamping dari Jurusan Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar.

Kehadiran rombongan Program Studi Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar untuk mengadakan benchmarking pendidikan anti korupsi dalam rangka berbagi informasi tentang progress kinerja KPK RI terhadap pemberantasan korupsi Pemerintah daerah. Termasuk upaya-upaya pelemahan institusi yang dialami KPK RI.

Dari diskusi berkembang pula kritik terhadap KPK RI, seperti performa penanganan grand Corruption yang seperti melambat, respon pengaduan masyarakat yang juga cenderung melambat serta kesan KPK RI yang mulai bermain politik.

Tim dari Jurusan Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar, dipimpin oleh Andi Luhur Prianto (Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh), serta Muchlas M. Tahir (Sekretaris Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh), Ahmad Harakan (Editor in Chief Jurnal Otoritas) serta beberapa dosen, staf akademik dan mahasiswa S1 reguler Ilmu Pemerintahan.

Sementara tim dari KPK RI yang hadir adalah Romadhoni dan Bayu Akbar (Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK RI), dalam pemaparannya mereka menampilkan performa institusi KPK RI, termasuk upaya-upaya pencegahan dan membangun budaya integritas.

Andi Luhur Prianto yang juga Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh mengatakan kunjungan dilakukan untuk lebih menemukenali profil institusi KPK RI, mengenalkan performa dan masalah-masalah institusi ini dalam tugas pemberantasan korupsi.

Terutama respon lembaga ini yang sedikit melambat dalam merespon pengaduan masyarakat, juga banyak terlibat dalam jejaring NGO yang concern dibidang pendidikan anti korupsi.

“Kunjungan seperti ini merupakan kegiatan rutin di lakukan tiap tahun oleh peserta mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi,” kata Andi Luhur Prianto melalui rilis yang diterima tribuntimur.com.

Sementara Ella Hasturi, salah seorang mahasiswa peserta praktik lapang mengatakan kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena lebih mengenalkan budaya lembaga tersebut, termasuk masalah-masalah yang dihadapi.

“Kiprah KPK RI dalam pemberantasan korupsi harus terus kita dukung. Bisa dimulai dengan membangun integritas pribadi pada diri kita masing-masing,” ungkapnya.

Di akhir acara, rombongan mahasiswa tersebut juga mengadakan long march menyampaikan tanda tangan petisi dukungan untuk penguatan KPK RI.(*)

Sumber : tribunnews.com

Ilmu Pemerintahan Unismuh Praktik Lapang di KPK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *